Totto-chan’s Children: A Goodwill Journey to the Children of the World

Cover cetakan pertama
Judul: Totto-chan’s Children: A Goodwill Journey to the Children of the World
Pengarang: Tetsuko kuroyanagi
Penerbit: Gramedia
Tahun terbit: 2010
Tebal: 322 halaman

 Setelah berminggu-minggu, akhirnya saya menyelesaikan membaca novel Totto-chan’s Children !! XD

Setelah menyelesaikan buku pertamanya yang berjudul Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela, Tetsuko Kuroyanagi menulis bukunya yang ke-2 yang berjudul Totto-chan’s Children: A Goodwill Journey to the Children of the World atau Anak-anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-Anak Dunia. Buku tersebut berisi perjalanan Kuroyanagi sebagai Duta Kemanusiaan UNICEF untuk mengujungi berbagai macam anak di seluruh dunia. Uuuhh….miris sekali saya membaca buku ini! Di sini, kita serasa tercukupi, semuanya serba mudah, apalagi sang pengarang, Kuroyanagi, tinggal di salah satu negara maju, yaitu Jepang. Dia menyadari bahwa masih banyak sekali anak-anak maupun orang dewasa yang hidup serba kekurangan dan membutuhkan pertolongan setelah mengunjungi beberapa negara berkembang di dunia. Tak segan-segan Kuroyanagi terjun ke masyaratnya, menghibur, memeluk, dan berbagi kasih sayang kepada anak-anak. Dia juga sangat bersyukur mendapat tugas ini, karena bisa tahu bagaimana keadaan anak-anak di luar sana.

Penasaran dengan sinopsisnya?? Let’s check this out !
Cover cetakan kedua
Totto-chan kini sudah dewasa. Ia sekarang menjadi aktris terkenal dan punya banyak penggemar. Tapi Totto-chan tak pernah melupakan masa kecilnya. Karena itulah Totto-chan langsung setuju ketika UNICEF menawarinya untuk jadi Duta Kemanusiaan.
Sejak itu Totto-chan berkunjung ke banyak negara dan menemui berbagai macam anak. Di negara-negara yang mengalami kekeringan hebat atau terkena dampak perang, anak-anak yang sebenarnya polos dan tak berdosa selalu jadi korban. Ternyata masih banyak sekali anak-anak dunia yang tak bisa makan, tidak bisa sekolah, tidak bisa dirawat ketika sakit, bahkan mengalami trauma hebat akibat perang.
Lewat buku ini Totto-chan ingin menceritakan pengalamannya bertemu anak-anak manis itu supaya semakin banyak orang bisa membantu anak-anak dunia menggapai masa depan yang lebih baik.
_________00_________
Kisah Tetsuko Kuroyanagi adalah kisah tentang cinta dan belas kasih untuk anak-anak di seluruh dunia, untuk setiap anak dan setiap ibu yang ditemuinya dalam tugas kemanusiaannya bersama UNICEF. Dalam buku ini dia berbagi perasaan dan pemahamannya yang mendalam, dalam konteks gobal, tentang kesengsaraan anak-anak di sebagian negara berkembang—anak-anak yang jadi korban kemiskinan , kondisi kesehatan yang buruk, dan sayangnya, perang.
[source: cover belakang Totto-chan’s Children]
Begitulah garis besar isinya. Menurut berita yang saya dapatkan, Tetsuko Kuroyanagi juga pernah berkunjung ke Indonesia, tetapi saya tidak tahu tepatnya di daerah mana. Sayangnya dalam novelnya dia tidak menceritakan pengalamannya di Indonesia. Dia hanya menceritakan kunjungannya di 14 Negara, yaitu Tanzania (1984), Nigeria (1985), India (1986), Mozambik (1987), Kamboja dan Vietnam (1988), Angola (1989), Bangladesh (1990), Irak (1991), Etiopia (1992), Sudan (1993), Rwanda (1994), Haiti (1996), Bosnia-Herzegovina (1996). Di dalamnya juga didukung foto-foto yang diambil oleh sang fotografer, Takeyoshi Tanuma, saat Kuroyanagi melaksanakan tugasnya. Membuat hati saya jadi tambah miris… heeuu… T__T

4 comments

  1. waah padahal aku baru aja mau bikin resensinya toto-chan, malah keduluan..hahaaha XD

    ReplyDelete
  2. hehehe...^^ gomen,gomen..
    btw udah bca novelnya jga yup?? :D

    ReplyDelete
  3. Kakak ada link nya nggk?? Aku pengen baca juga.. walau hanya lewat pdf..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...sampai saat ini sih saya belum pernah dapat linknya, maaf ya.. ^^;
      Tapi sepertinya di toko2 buku masih dijual. Mungkin bisa langsung beli bukunya... hehe :D

      Delete