Suka Duka bikin KTI

Di sekolah saya mendapat tugas Bahasa Indonesia, yaitu membuat Karya Tulis Ilmiah atau disingkat KTI. KTI kami bertema tentang tanaman bermanfaat yang belum dibudidayakan. Nah, kelompok saya memilih untuk membuat Sirup dari Ubi Ungu, Judulnya "Syrup from Purple Cassava". Ide itu saya dapatkan dari ibu saya yang pernah ikut lomba masak serba Ubi Ungu. Hehehehe......
Dalam penyusunan KTI ini ada suka dukanya juga loh... Haha..

Sukanya yaitu: yaah....bisa tau pembuatan Karya Tulis Ilmiah itu bagaimana. Kan banyak tuh lomba2 bikin KTI.^^ Selain itu kita juga bisa tau makanan yang bisa dibuat dari berbagai bahan yang belum kita ketahui. Seperti: Nugget jagung, sirup mawar, cake kulit pisang, abon dari ontong pisang, agar-agar ubi ganyong, kripik  biji rambutan, dll.

Kalau dukanya: karena bahan utama kelompok saya Ubi Ungu, Ubi Ungu sulit di dapat di sini kalau belum musimnya.... Akibatnya saya harus ke Madiun untuk membelinya. Pertama aku ke sana untuk membeli Ubi Ungu tsb. Jarak tempuhnya sekitar 45 menit. Setelah sampai, saya menemukan Ubi yang kulit luarnya berwarna ungu. Tapi aku tidak tau dalamnya ungu juga ato tidak. Kutanya karyawannya sih iya. Setelah kubuka di rumah keesokan harinya, Abrakadabraaaa.... !!! Ternyata warnanya putih !! oh, NOOOOO........
Saya bingung 7 keliling. Mengapa? Karena saya harus membuatnya hari itu juga. Dikarenakan ibu saya besoknya mau pergi ke luar kota, jadi saya tidak bisa buat sendiri. takut klo salah.... hahha..XD
Akhirnya saat itu juga, jam itu juga saya dan ortu pergi ke Madiun lagi untuk membeli Ubi Ungu. Alhamdulillah..... Syukurlah Ubinya ada... Yokatta... Hhee~ Sampe rumah langsung kubuat deh... hahha... dan berakhir di pukul 00.30 waaaw~ langsug ngantuk2 di skolah... wkwkwkwk.....

Itulah sekilas suka duka dari pembuatan KTI kami.
By the way anyway busway...Mau tau bagaimana cara buatnya??? :D
Alat 
• Panci
• Kompor
• Baskom
• Saringan 
• Sendok


Bahan
• 250 gram Ubi Jalar Ungu
• 500 gram Gula pasir
• 750 cc Air masak
• 2 tangkai Kayu manis (bisa diganti pandan, daun serai, dll)


Cara Membuat:
1.Rebus Ubi sampai masak, kuliti lalu haluskan sampai menjadi pasta dan larutkan dengan air masak.
2.Saring Ampas Ubi, ambil sarinya,
3.Tambahkan gula pasir dan kayu manis
4.Masak sampai mendidih dan mengental
5.Saring selagi panas untuk memisahkan kotorannya
6.Dinginkan sirup sampai betul-betul dingin lalu masukkan ke dalam botol.
7.Sirup siap dikonsumsi.


:: Ini Screenshot-nya ::



Bagaimana? ingin mencobanya ?? hehehe......

0 comments