Sunday, April 16, 2017

僕たちと駐在さんの700日戦争 (1979) - 700Days The Battle Us vs The Police Original Soundtrack

みんな、こんにちは~

Yap! Judul film ini dulu pernah saya bahas, tapi mengenai theme song nya yang berjudul Chippoke na Yuuki by Funky Monkey Babys. Naaaah.....karena ternyata saya sering menemukan komentar-komentar yang menanyakan beberapa judul lagu di sebuah scene di film ini, akhirnya saya mengobok-obok dunia maya, tanya ke Google-sama, akhirnya nemu jugaaaaa..... 
Yaah...untuk yang masih mencari judul-judul lagu tersebut, mungkin ada di salah satu daftar di bawah ini. Tapi...saya tidak bisa memberikan link download yah..*maapkan* Soalnya memang kebanyakan harus beli. Atau kalau berkenan, bisa mencari atau mendengarkan lagu yang dicari lewat Youtube :3

OST: Original Soundtrack
Mamachari: Si Sepeda Nenek


[DISC:1]
1. 魅せられて/ジュディ・オング  (Miserarete/ Judy Ongg)
Musik waktu pertama kali ketemu Istri Pak Polisi yang cantik jelita itu *halah*, di kafe. xD

2. 夢想花/円 広志 (Musoubana/ En Hiroshi)


3. 愛の水中花/松坂 慶子(Ai no Suichuuka/ Matsuzaka Keiko)


4. 私のハートはストップモーション/桑江 知子(Watashi no Heart wa Stopmotion/ Kuwae Tomoko)
 Ini musik waktu Inoue berhasil ketemu sama Minako dan akan melihat bintang bersama.

5. 狼なんか怖くない/石野 真子  (Ookami Nanka Kowakunai/ Ishino Mako)
Ini waktu Mamachari ketemu sama cewek yang suka dengan Mamachari di depan minimarket tempat Ibunya bekerja. :) Dan ternyataaah....penyanyinya (Ishino Mako) itu yang berperan jadi Ibunya Mamachari~ hahaha

6. 大都会/クリスタルキング (Daitokai/ Crystal King)


7. YOUNG MAN(Y.M.C.A.)/西城 秀樹 (YOUNG MAN/ Saijou Hideki)


8. きみの朝/岸田 智史  (Kimi no Asa/ Kishida Satoshi)


9. アメリカン・フィーリング/サーカス   (American Feeling/ Circus)


10. 異邦人/久保田 早紀  (Ihoujin/ Kubota Saki)


11. SACHIKO/ばんば ひろふみ  (SACHIKO/ Banba Hirofumi)


12. RYDEEN/YELLOW MAGIC ORCHESTRA

  
13. 全面戦争じゃ~!!/オリジナル・サウンドトラック  (Zenmen Sensou Jan~!!/ OST)
Musik waktu di awal film, pas mulai nantang pak polisinya, balapan pake sepeda. Juga muncul waktu melancarkan beberapa rencana iseng mereka. xD


14. いたずら大作戦/オリジナル・サウンドトラック (Itazura Daisakusen/ OST)
 Musik ini biasanya muncul waktu mereka mengeksekusi renca-rencana iseng buat ngerjain si Pak Polisi

15. ぼくたちと駐在さんの700日戦争/オリジナル・サウンドトラック  (Bokutachi to Chuuzai-san no 700nichi Sensou/ OST)
Musik waktu Opening judul film ini. :3
 
16. 説教中@駐在所/オリジナル・サウンドトラック (Sekkyouchuu @Chuuzaisho/ OST
)
 Musik ini juga sesuai judulnya, Saat Diinterogasi @Pos Polisi, biasanya muncul waktu berlatar belakang di Pos Polisi saat anak-anak itu membuat masalah dan sedang diceramahi/ diinterogasi. hahaha...lucu kalo inget xD

17. まだまだ戦争は続く・・・/オリジナル・サウンドトラック (Mada Mada Sensou wa Tsudzuku.../ OST)
Musik waktu menjalankan rencana mencuri bahan untuk kembang api. Kemudian di akhir cerita yang menceritakan bahwa 'perang' mereka belum benar-benar berakhir.

[Song title list Source (Japanese)]


Yak sekian penjelasannya, semoga membantu :D
Ohya, yang bagian musik OST, itu hanya musik instrumen saja tidak ada penyanyinya.
Kemudian Judul-judul yang tidak ada penjelasannya, berarti saya tidak menemukan musik tersebut di sepanjang film. Mungkin karena di film hanya cuplikannya saja, atau ada alasan yang lain, jadi saya tidak bisa mengenalinya *mohon dimaklumi* hehe :)
Kalau ada yang mau menambahkan, feel free to comment ;)


See you again!
じゃ、またね!

Monday, April 10, 2017

イルミネーション - Illumination in Sapporo 2016

Kalau dengar kata Illumination, kadang merujuk pada kata "Iluminasi", lalu terbayang gambar mata satu yang viral itu. hehehe....
Bukan, bukan... Saya tidak akan membahas hal itu kok, yang saya maksudkan Illumination di sini adalah, cahaya warna-warni lampu yang dihias sedemikian rupa, sehingga menghasilkan efek yang cantik dan katanya sih...romantis #eaaak :"

Jadi di Jepang Illumination ini sudah seperti budaya, menurut saya. Kenapa?
Soalnya setiap mau natal dan tahun baru (perayaan natar di Jepang juga merupakan budaya, tidak ada unsur religinya sama sekali ^^;.red) bertepatan dengan musim dingin, pasti hampir di setiap kota-kota besar menghiasi sudut kotanya dengan lampu kecil-kecil gitu dengan jumlah yang banyak, saya kurang tau namanya apa. haha. Sehingga terlihat berkilauan di malam hari *halah xD
Mungkin kalau di Indonesia nggak sampai satu jalanan bikin illumination gitu kali ya, cuma di toko-toko atau di pusat taman kota. Kalau illumination ini memang disengaja dibuat berkala seperti event gitu. Setiap tahunnya dengan model yang berbeda-beda. Tapi ternyata memang benar-benar cantiiiikk... xD

Nah, karena saya pernah tinggalnya di Sapporo, jadi yang akan saya share juga Illumination yang diadakan di kota Sapporo :D

Yang pertama "Sapporo White Illumination"

Mengapa dinamakan "Sapporo White Illumination" ?
Yap! Karena sebuah illumination yang diadakan di kota Sapporo, dan 'white' itu karena Sapporo terletak di pulau paling utara Hokkaido, jadi waktu musim dingin intensitas salju di sana melimpuaaahh~~ haha.. Jadilah nama 'white' itu dari warna putihnya salju~~ *sekian :3
event ini diadakan di sepanjang taman di pusat kota, bernama Odori Park, yang panjangnya sampai 1km kali ya.. hehe, saya lupa.. tidak hanya di Odori Park, namun di beberapa bagian kota sapporo yang lain, seperti Sapporo Station juga dihiasi lampu-lampu seperti itu. xD

Here some photos from Sapporo White Illumination 2016:

Tulisan berjalan :" isinya tentang event ini

Illumination yang dipasang di pohon-pohon yang ada di jalan raya

Ini yang paling saya suka! warna lampunya bisa berubah-ubah :3
salah satunya jadi Pink~

Silauuu~ *__*





Selfie doloo... wkwkw /abaikan


Ini yang lampu kecil-kecil tidak tahu namanya itu. wkwkwk Lampu LED kah?

Air mancur dari lampu

Wiiw....masuk sini nih... hemmm...so romantic //w// Sayang saya pas moto ini lagi sendirian, hiks :"


Silau(2)


Karena mau natal, jadi ada juga spot yang berhiaskan pohon-pohon natal


#ecieee xDD

So colorful~~ -3-

So colorful(2)

Selfi doloo(lagi)~

Ada juga stand-stand makanan dan minuman

Ini yang ada di salah satu spot wisata di kota Sapporo, yaitu di Akarenga Former Government Building

Nah, ini illumination yang dihias di depan Stasiun Sapporo. Sparkling night!! *w*


札幌駅~

Kemudian ini pemandangan yang paling saya suka~~ Pemandangan kota sapporo dari atas pas ada Illumination~ めっちゃきれい~~ Ini difoto dari lantai observasi Sapporo TV Tower xD
*
*
*
Kemudian yang kedua, Illumination yang ada di salah satu spot wisata yang juga terkenal di Hokkaido, yaitu  
Shiroi Koibito Park - Chocolate Factory!!! 
Hampir semua orang Jepang sepertinya tau nama tempat ini :3 Soalnya oleh-oleh atau jajanan khas Shiroi Koibito sudah banyak dijual di berbagai kota-kota di Jepang looh~~ Yap! itu adalah pabrik coklat yang cukup terkenal di Jepang :3
Dari namanya, yang tau bahasa Jepang mesti tau ini *yaiyalah*. Shiroi = putih, Koibito = kekasih/ orang yang dicintai. Hemm....hemm....sebenarnya apa maksud dari nama itu ya? Sebenarnya saya juga kurang tau...hehe.. Mungkin kalau sudah dapat infonya, nanti saya share di sini :3 Atau diantara kalian ada yang  tau, jangan sungkan-sungkan buat share juga yah :DD 
皆さんも、「白い恋人」というパークの名前の意味が知った人は、シェアしましょうか :D

Oke. Jadi ngomongin judul tamannya nih, haha...
Ini beberapa foto yang saya ambil waktu main ke Shiroi Koibito Park di malam yang dingiiiinn *halah* wkwkwk
Penampakan depan


Itu sebenarnya ada robot2 yang berbunyi dan bergerak :3 Jadi berasa kayak di fantasy land, haha

Like a castle~


Ini juga bisa gerak-gerak~





Selfie lagi doloo...wkwk, tapi gelap

Bonus foto saya dengan suasanya di dalam nya :3 wkwkwk

Yak, yak, sekian sharing pengalaman saya tentang illumination~~ :D
Semoga anda terhibur.. wkwkw 
Bagaimana menurut anda, tentang illumination di Jepang? :3

Feel free to comment and sharing your stories! :D

See you!
じゃ、またね~

Sunday, April 9, 2017

日本に夢中になっちゃう! One of my big attention, Japan! [Part 2]

Lanjutan dari postingan saya sebelumnya 
(episode(?) sebelumnya: check here :))

6. Budaya
Cabangnya(?) Kuil Hokkaido yang ada di pusat kota
Jepang juga terkenal akan keragaman budayanya (sebenarnya kalau dibandingkan dengan Indonesia, budaya tradisionalnya masih lebih banyak Indonesia sih. hehe). Apalagi.....yang namanya budaya "Pop Culture". Siapa sih yang nggak kenal sama yang namanya Anime dan Manga (ada sih yang nggak tau, wkwkwk). Yap asal dari dua hal ini sebenarnya bukan dari Jepang, namun mereka mengembangkannya dan malah menjadi yang lebih terkenal daripada negara pembuat asalnya. Namun, namun....meski budaya popnya mendunia, budaya tradisionalnya masih tetap ada looh. Mungkin banyak orang-orang yang ditanya mengenai image Jepang, mereka akan menjawab "geisha", atau "festival", atau "kimono", dan sebagainya. Menurut saya itu adalah salah satu bukti bahwa mereka masih mempertahankan budaya mereka meski banyak pengaruh yang datang dari luar. Yaaah...semoga bisa tetap bertahan deh, karena sepertinya semakin ke sini, semakin bergeser juga budaya-budaya tradisionalnya :" Jaman sudah berubah... :" hahaha

7. Toilet
Ehmm....sebelumnya maaf kalau bahasannya tidak sopan bagi beberapa orang ^^;) Tapi, memang saya salut dengan pola pikir orang Jepang yang katanya tidak suka toilet yang kotor, alhasil toilet-toilet di Jepang, yang pernah saya temui 90% BERSIH!!!! Terutama nih ya...toilet di rumah keluarga Jepang. Bersih..sih..dan kering..ring..juga cantiik..tik.. wkwkwk. Tapi memang benar, dari semua toilet rumahan yang pernah saya kunjungi, semuanya selalu ada karpet/ keset dan slipper (sandal rumah). Benar apa yang dikatakan buku pelajaran di sekolah!! hahaha... 事実確認ww 

Selain itu teknologi toilet Jepang juga syudah cangiiiihh....semua ake tombol, TOMBOL! (biasa aja keleus) dan selalu, SELALU ada tisu. Yap, karena budaya mereka ke toilet pakai tisu. Jadi, tisu toilet di sana pun didesain bisa larut dalam air, jadi buang saja tisu di dalam kloset setelah pakai tidak akan menyebabkan tersumbat. hehe... Jadi bisa bersiiih, tanpa ada tisu-tisu berserakan. Terbaeeekk!!! Kalau di sini sebaliknya yah, tidak boleh membuang apapun di toilet. ^^;) Tapi nih ya...kadang berasa gimanaa gitu, terutama waktu B*B, pas di toilet yang tidak menggunakan bidet, dan hanya dengan tisu, HANYA dengan tisu harus 'membereskan' semuanya!! hahaha.... (don't imagine this at home, imagine this at the toilet. wkwkwk) Ya! Karena tidak semua toilet Jepang ada Bidetnya, alias nggak pakai air~ (cuma buat flush doang) TwT Terutama toilet yang bergaya Jepang atau Washiki. Mirip toilet jongkok di Indonesia, namun berbeda bentuk dan cara menyiramnya pakai sistem flush, seperti pada toilet duduk. Yaah...tapi untungnya tisu toilet di sana boleh dibuang ke klosetnya yah, kalau nggak......sudahlah :" wkwkwk (don't imagine this again) 
 
Toilet di Share house saya

Sensor buat flush

8. Pedestrian
A.k.a pejalan kaki.
Yeah! Saya sangat suka jadi pejalan kaki di Jepang. Sebagian besar orang Jepang pun juga banyak yang kemana-mana jalan kaki. Tanya kenapa?? /nggak :"
  • Transportasi umum OK (Kereta, bus, trem, taxi, ada macam-macam dan sangat mudah juga praktis)
  • Trotoar OK (luas, nggak naik-turun, selalu ada di mana-mana)
  • Tempat berjalan di bawah tanah OK (meski hanya ada di kota besar sih, tapi sangat berguna di kala musim dingin)
  • Penyeberangan jalan/ zebracross OK (really like this!)
  • bisa menikmati pemandangan OK :3

Itulah beberapa alasan saya suka jalan kaki di sana. Yaah...meski agak susah kalau sudah musim dingin, kalau jalannya nggak di bawah tanah, nggak tahan banget, udah sampe gemeteran kedinginan. hahaha...:" Trutama nih tentang penyeberangan jalannya, sangat mudah dan pengguna jalan yang lain, seperti pengguna mobil, memang lebih mengutamakan pejalan kaki. Jadi, kalau lampu lalu lintas untuk pejalan kaki sudah hijau, mobil-mobil yang memang waktunya juga jalan tapi belok melewati zebracross akan mengalah, dan mendahulukan pejalan kaki. Terbaeeek!!(2) Jadi tidak ada yang namanya "the power of hand", nyetop kendaraan pake tangan pas nyebrang jalan.. wkwkwk 
Namun, dibalik semua itu ada hal yang menurut saya berat juga. Yaitu di jalan umum banyak tangga, terutama yang menuju jalan bawah tanah, di mana-mana ada tangga!! Lelah kaki ini~ haha.. yaa...atau mungkin sayanya saja yang kurang terbiasa naik-turun tangga. hehe.  
 
Ada saat di perempatan lampu lalu lintas pejalan kaki hijau semua, jadi bebas menyeberang dari arah manapun
Alat transportasi umum di Jepang juga bermacam-macam dan menjangkau hampir ke seluruh pelosok-pelosok Jepang. Selain itu sistem pertiketannya juga nggak susah, apalagi ada yang namanya Seasonal Ticket atau dalam bahasa Jepangnya Teikiken, yaitu berbentuk kartu yang bisa diisi ulang, tinggal sentuhkan saja ke sensor yang ada di pintu masuk peron di stasiun-stasiun. Jadi, praktis untuk orang yang temapt kerja atau sekolahnya jauh dari rumah, masih bisa PP dengan mudah menggunakan kereta atau bis. Ohiya, dan yang terpenting itu, TEPAT WAKTU!! TERBUKTI! Bener-bener tepat waktu! Kalau kata orang, kalau telat paling telat beberapa detik. BENAR sekali pemirsa! Pernah sih, pernah paling telat, itu telat 1 menit. Tapi memang, entah kenapa 1 menit pun itu berharga di sana, terutama kalau akan berangkat kerja. haha :""

NB: Seasonal Ticket ada banyak macamnya jadi mungkin perlu diperhatikan juga ya :) 

9.  Antri
Hem...banyak orang bilang kalau Jepang sangat erat dengan budaya antrinya. Yap! That's totally right!! Yang namanya antri, ya mereka akan mengantri dengan tertib, tidak ada ceritanya menyerobot gara-gara alasan pribadi. Ini juga yang bikin saya salut! Tapi memang sih masih ada beberapa, terutama di kota-kota besar, orang yang menyerobot antrian, namun ya tidak banyak, dan yaaah...namanya juga manusia. wkwkwk... paling tidak, itu jarang terjadi. Waktu di kereta juga mereka dengan tertib mengantri membuat barisan, dan benar-benar mendahulukan orang yang keluar dari kereta, kemudian baru orang-ornag yang ingin masuk.

10. Makanan
Ini yang paling saya sukaaa! Tapi.....yaa berhubung saya muslim, banyak juga makanan-makanan yang tidak bisa saya makan karena tidah halal. Di situlah saya merasa sangat sedih. TwT haha... Karena saya suka sekali mencoba-coba kuliner yang terlihat menarik dan belum pernah saya makan. Namun apalah daya, tidak semua makanan bisa saya makan di Jepang. Untungnya akhir-akhir ini sudah banyak menyebar makanan-makanan halal di Jepang, meski masih sebatas di kota-kota besar. Ini adalah godaan terbesar bagi saya!! huhuuuu... :" Sering banget ketemu makanan yang pengeeen bangen nyoba. Tapi, tapi...ah sudahlah T_T
Namun ada juga makanan atau jajanan yang meski tidak ada label halalnya, jika dilihat dari komposisinya tidak ada bahan-bahan seperti babi atau alkohol, bisa jadi aman untuk dimakan. Nah, semua kembali kepada individu masing-masing, menurut kepercayaan masing-masing. hehe :)

Sapporo Times Square

Mochi dari Nagoya (Uwweeenaakk :"")

Hokkaido x Doraemon

Pokky edisi Valentine

Sepertinya di Jepang sangat mengutamakan penampilan, sehingga makanan atau jajanan yang dijual selalu 'berpenampilan menarik'. HAMPIR semua jajanan yang ada kemasannya, di kemas sedemikian rupa sehingga rasanya jadi nggak ingin membukanya saking cantiknya. haha :" Mereka rela 'ribet' demi memuaskan pengunjung (seperti yang saya katakan tentang Omotenashi di postingan sebelumnya). お疲れ様です~ :)


Sekian, curhatan pengalaman dari saya, setelah mengecek langsung (halah) keadaan di sana seperti apa. Tapi memang benar hampir semua sesuai dengan apa yang saya dengar selama ini. 
Hal, hal yang berat dan tidak sebebas di Indonesia memang pasti ada, tapi...
Over all sangat MENYENANGKAN!! \(^0^)/
Tapi saya juga masih ingin belajar dan mendapatka lebih banyak pengalaman lagi merantau di negeri orang, terutama di negeri matahari terbit tersebut. hehe...
Masih banyak yang ingin saya cek langsung (halah), seperti tentang sakura, budaya-budaya tradisional yang lain, dan sebagainya.
Semoga di lain kesempatan bisa sharing pengalaman yang lain~

And please don't hesitate to share your stories too. Say your thought, feedback or comment, maybe about my stories :3 hehe...

See you!
じゃ、またね~

Saturday, April 8, 2017

日本に夢中になっちゃう! One of my big attention, Japan!

Selamat siang... こんにちは~
Lama tidak jumpa. Ini blog jadi setahun sekali aja postingannya.. hehe
Pengen nerusin, tapi masih nggak sempet, dan kalah sama rasa malas saya (maafkan saya yang kurang rajin ini) 申し訳ございませんでした! haha :""


Jadi.............langsung ke isi saja, hehe...
Beberapa kali saya pernah menulis tentang Jepang, dan mengapa banyak yang jejepangan di blog saya? ya...karena memang saya tertarik dengan Jepang (gubrak) wkwkwk

bercanda. :3
Sebenarnya seiring berjalannya waktu, memang ada beberapa hal yang bikin saya nge-fans sama negeri matahari terbit itu...

(Curcol dimulai xD)